topbella

Selasa, 03 Februari 2015

Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Pra Nikah # 3

SESI TANYA JAWAB :
1. Penanya - Kathy :
Sebelum menikah dianjurkan untuk tes kesehatan ya.. dan saya prnh dngar itu bhw perbedaan golongan darah pasutri terkadang menimbulkan masalah dlm rmh tangga. Mksdnya kalau goldar istri negatif sdg suami positif maka anak prtama akn mewarisi goldar ayahnya yg positif. Mskipun anak yg pertama lahir dlm keadaan wajar, tetapi anak2 lahir slnjutnya mmbtuhkan adaptasi pd sel2 darahnya sesaat stlh kelahirannya..
Apakah itu benar? Mhon penjelasannya.

Ya.. untuk wanita asing (rh -) yang menikah dengan pria asia (rh +) memiliki faktor risiko untuk terjadinya kematian janin atau bayi lahir mati, akibat sel-sel darah yang dihancurkan oleh tubuh bayi krn dianggap musuh.Sehingga untuk memperkecil risiko tersebut dilakukan hal-hal lanjutan berikut
Skrining
Pada tiap kehamilan harus dilakukan pemeriksaan golongan darah berikut Faktor Rhesus dan skrining antibodi dilakukan pada kunjungan pertama dengan tes COMB indirect

RhoGAM :
Bila ibu Rhesus negatif terpapar dengan darah janin Rhesus [+], maka ibu harus diberi RhoGAM ; RhoGam adalah RhIgG (iGG akan menempel pada antigen Rhesus) dan mencegah terjadinya respon imunologi ibu.

Penatalaksanaan Ibu Rhesus [-] yang tidak tersensitisasi (pasien Rhesus [-] dengan skrining antibodi [-])
Skrining antibodi dikerjakan pada kehamilan 0 24 28 minggu.
Bila negatif, berikan 300 µg RhIgG untuk mencegah terbentuknya antibodi dalam tubuh ibu.
Saat persalinan, tentukan status Rhesus neonatus, bila Rhesus (+) , berikan RhIgG pasca persalinan.
RhoGAM diberikan pada ibu Rhesus [-] yang terpapar dengan darah janin
Pada kehamilan yang mengalami sensitisasi pertama kali, komplikasi terhadap janin rendah

2. Rara - Ada pasangan akan menikah.. Tapi pihak laki laki pnah berhub intim dgn perempuan yg terkena ca cervik. Apakah laki laki tsbt bisa menularkan  ca cervik ke calon istrinya. Terimakasih.

Tergantung penyebabnya. Jika pria tersebut berhubungan dengan penderita ca cervik yang disebabkan oleh infeksi HPV maka dia akan menularkan virus HPV ke pada isterinya. Akan tetapi belum tentu infeksi HPV akan menjadi kanker serviks, walaupun kemungkinan besar menjadi kanker serviks ada.
Oleh karena itu kejujuran dibutuhkan dr calon pasutri

Dr. Farian, sy mau menanggapi ttg vaksin HPV. Vaksin ini utk mencegah ca serviks. Tapi adakah dampak lain dr vaksin ini bagi yg belum pernah melakukan hubungan seksual dan memiliki anak? Sedangkan di pemaparan di atasnya disebutkan bahwa riwayat imunisasi jg disebutkan saat tes kespro pra pernikahan. Terima kasih.

Begini. Vaksin HPV tidak ditujukan khusus kanker serviks, akan tetapi untuk infeksi virus HPV dimana virus HPV ini belum tentu menjadi kanker serviks, tetapi bisa menjadi inveksi lain misalkan condiloma akuminatum atau jengger ayam.
Dampak lainnya saya kira hanya risiko efek samping yang ditimbulkan, misalkan demam, bengkak ditempat suntikan.
Yang jelas, dengan imunisasi HPV yang kita hindarkan adalah terinfeksi dari virus HPV yang mungkin ditularkan dari calon pasangan.

3. Anon - Bagaimana dok apabila slah satu dari sekian banyak pemeriksaan tadi tidak dilakukan?.. maksudnya mungkin ada prioritas2 pemeriksaan kesehatan yg dipilih salah satu saja... atau memang sudah menjdi paket itu semua. Hhe...

Tentu saja tidak perlu dilakukan semuanya, hanya untuk yang berisiko saja. Itupun bersifat saran jika memang siap secara fisik, psikologis, dan finansial.
Namun jika memang diketahui ada yang memiliki trait penyakit genetik yang berat misalkan dikeluarga ada riwayat thalasemia mayor di kedua belah pihak, sebaiknya diperiksakan apakah calon pasutri keduanya memiliki gen thalasemia minor, yang jika bertemu maka risiko memiliki anak dgn thalasemia mayor 50%.
Atau calon pasutri ada yang berisiko misalkan terinfeksi penyakit STD (sexually transmitted disease), sebaiknya diperiksakan sebelum terlanjur, karena akan menginfeksi bukan hanya pasangannya, mgkn calon keturunannya.

4. Luluk - Dokter, saya Luluk, salah satu peserta diskusi. Ada 2 pertanyaan
 A.  Itu pencegahan pranikah nomor 1 konsumsi asam folat hrs dengan resep dokter atau boleh beli lgsg di apotek?

Asam folat bisa dibeli tanpa resep dokter, ada bbrp ahli yg mengatakan selama konsumsi makanan kita baik belum perlu, tetapi ada ahli yg mengatakan jika memang merencanakan kehamilan sebaiknya mengkonsumsi tambahan asam folat

B. Yg sy tau ada jangka waktu tersendiri utk imunisasi HPV. Bisa dijelaskan periodenya? Lalu jika ada perempuan yg tdk melakukan imunisasi ini sebelum menikah dan akhirnya ia telah menikah dan berhubungan suami istri seberapa besar risiko dan bagaimana meminimalisirnya?

Imunisasi HPV sebaiknya dilakukan sebelum aktif secara seksual, karena belum ada paparan sehingga hasil antibodi yang dihasilkan lebih besar.
Jarak imunisasi hpv diselesaikan minimal dlm 6 bulan
Rata2 regimennya (0-2-6) atau hari ini - 2 bulan berikutnya - 4 bulan berikutnya.
Jika sudah menikah dan  belum imunisasi, jika mau silahkan imunisasi. Akan tetapi efektivitasnya mungkin tidak sebesar jika diberikan sebelum menikah.
Dan jangan lupa karena kanker servik bukan semata2 disebabkan oleh virus HPV juga dianjurkan rutin melakukan pemeriksaan papsmear 2-3 tahun sekali

5. Anon - Ibu diabetes melitus,bpak asma, saya anak laki2 pertama, dan pny 1 org adk laki2. Apa Kmungknan pnyakt bisa menurun?

Asma umumnya diturunkan, tetapi mungkin belum tentu berupa asma, akan tetapi bisa kondisi atopi/alergi lain misalkan rhinitis alergi (bersin/hidung berair jika terkena zat2 tertentu), konjungtivitis alergi (mata merah, berair, gatal jika terpapar zat tertentu), atau dermatitis atopi/eksim
Bisa 1, kombinasi, atau bahkan empat2nya, tapi bisa juga tidak diturunkan
Diabetes mellitus yang dikhawatirkan dalam mempersiapkan keturunan adalah yang tipe 1, dimana dari kecil sudah membutuhkan insulin. Badan cenderung kurus.
Diabetes tipe 2 umumnya muncul saat dewasa, bisa berupa faktor keturunan (risiko lebih besar), juga gaya hidup  (pola makan yang salah dan aktivitas sedenter) dan obesitas. Skrg ini diabetes tipe 2 muncul bukan krn semata2 faktor genetik, akan tetapi lbh kepada gaya hidup. Bahkan anak2 kecil dgn obesitas pun rentan terkena diabetes melitus tipe 2
  
6. Anon - Utk tes pranikah hrskah kedua calon pengantin yg diperiksa? Bagaimana memberikan pengertian ke pihak kluarga terutama pihak pria, misal ia tdk berkenan utk dilakukan tes? Secara psikologisnya mbak ika?

Sebenarnya tes ini bukan utk menyalahkan atau menjudge sse ... tapi Sbg bentuk antisipasi problem di depan dan meminimalisir masalah. Menurut saya iya, keduanya. Terutama jika memang ada riwayat medis dan psikologis yg menonjol, dan ketika setelah menikah merencanakan akan segera punya momongan. Jadi yg dicari sbtlnya potensi masalah agar bisa dicarikan win-win solutionnya.

7. Gema - Tanda2 apa saja yg bisa kita lihat dan kita kenali (sbelum konsultasi dg dokter).. Yg tanda itu bisa kita waspadai sbg gangguan dg kespro kita?
Ex kl prempuan gangguan siklus haid yg tdk lancar,dll.. (baik untuk laki2 dan perempuan)

Untuk perempuan: gangguan haid bisa siklus haid, jumlah haid, ada perdarahan memanjang, perdarahan diluar siklus, tdk haid dalam waktu sekian bulan, nyeri saat haid, PMS yang sangat menggangu aktivitas, gangguan pertumbuhan payudara, ada cairan keluar dr puting, bentuk payudara yang tidak normal atau terdapat benjolan pertumbuhan pubis dan rambut pubis, adanya keputihan yang tidak normal.
Untuk pria: ukuran gland/buah zakar yang tdk biasa, ada nyeri, ada bengkak, keluar cairan, gangguan berkemih

Td dikatakan slh 1 gejala adanya gangguan dri kespro wanita itu adany nyeri saat haid. Sbtlnya yg dianggap ga wajar nyeri haid yg sprti apa? Apa bedanya dgn endometriosis?

Nyeri haid yang tidak normal apabila
1. Mengganggu aktivitas (yang mengganggu sekali), bisa sampai pingsan. Intinya nyeri hebat
2. Normal nyeri terjadi 1-2 hari sebelum dan sesudah haid

Endometriosis kondisi dimana ada suatu jaringan yang mirip endometrium tapi tumbuh di luar rahim

Nyeri yang dirasakan berasal dari kontraksi rahim yang siap meluruhkan endometrium yang sudah mature (menebal), kondisi endometriosis yang tumbuh ditempat lain mengakibatkan kontraksi "tambahan" untuk meluruhkan benda asing tersebut. Oleh karena itu nyerinya bisa lebih panjang dan lebih hebat dari orang normal.

8. Anon -Saya menarik tentang penyakit menurun yaitu hepatitis B. Apakah benar hepatitis B tidak dapat disembuhkan secara total karena saya sering baca artikel belum ada obatnya, terus bagaimana dok jika seseorang terdiagnosis hepatitis B apa yang harus dilakukan?

Hepatitis B tergantung tingkatannya
Tahap awal skrining hepatitis B adalah pemeriksaan HBsAg
Jika seseorang positif HBsAg maka dia terinfeksi virus hepatits.
Terinfeksi belum tentu sakit. Untuk tau status infeksinya apakah aktif atau tidak bisa dilihat dari HBeAg.
Jika aktif (sakit) maka akan diberi terapi dgn antivirus atau interveron
Jika dia tdk aktif (carier) maka diobservasi berkala. Untuk anak yang dilahirkan dr ibu dgn HBsAg positif maka akan diberi imunoglobulin segera setelah lahir serta vaksin hepatitis B.
Jika seseorang sudah memiliki HBsAg positif maka tidak bisa diimunisasi lagi.

9. Anon - Apa pemeriksaan kesehatan itu salah satu syarat yg hrs dilampirkan pas daftar d KUA?

KUA berdasarkan pengalaman pribadi hanya meminta kelengkapan suntikan TT saja, dan ada bberapa pelatihan/kursus pernikahan yang disarankan (ada form isiannya)

10. Anon -  Apa ada tes untuk melihat kesehatan psikologis pasutri, kalo ada bagaimama tesnya mba ika? Makasih mba kka

Ada tes nya lebih pada tes kepribadian dan kecenderungan potensi gangguan jiwa, seperti MMPI, tes grafis, dan wawancara

11. Mba ika Tlg jelasin obsesif, skizofrenia n impulsivitas scr ringkas aja, apa ini bahaya?

Obsesif adalah pikiran yang secara terus-menerus muncul tanpa terkendali dan memaksa indv hrs menuruti, kalau mengabaikan akan muncul rasa cemas yg luar biasa shg mengganggu aktivitas sehari2... Contoh obsesif adalah org yg perfeksionis. Kalau parah bisa berkembang menjadi gg.obsesi kompulsif, dimana pikiran obsesif mengendalikan perilaku2 ritual aneh pd indv utk mengurangi cemasnya. Skizofrenia adalah gg.psikotik (split antara pikiran, emosi, dan perilaku) pd individu yg dikenali dgn gejala hendaya (berkekurangan) pd fungsi2 khdpannya, halusinasi dan waham. Kalau awam sering menyebut "sakit gila"... Berbahaya krn tdk bisa beda kan realita dengan halusinasi dan wahamnya. Kalau impulsif adalah ketidakmampuan mengendalikan dorongan berperilaku spt: mudah agresi, mencuri, Judi, hiperseks, main game online makan, bahkan belanja... Intinya gak bisa dikendalikan shg sampai mengganggu khdpan normalnya

12. Nama : Tala
Pertanyaan :
Saya punya kenalan yg pernah dirawat di RSJ karena gangguan kejiwaan, namun sekarang sudah dinyatakan sehat setelah melalui proses panjang terapi. Jika dia ingin menikah, hal-hal apa saja yg perlu diantisipasi oleh calon pasangan dan keluarganya? Adakah test kejiwaan yg bisa diikuti? Terima kasih mbak ika

Sembuh dari gangguan jiwa khususnya psikotik dan skizofrenia tidak berarti gak akan kena lagi. Problem kerentanannya thd stres sdh terpicu tekanan lingkungan. Kemampuan problem solving dan manajemen stres-nya sdh pernah runtuh... Ibarat tentara sdh pernah kalah dlm mempertahankan bentengnya. Kesembuhan nya krn stressor dihindari dan obat2an antipsikotik yg menekan gejala positif (halusinasi dan delusi). Nah kalau dia hendak menikah, maka calon pasangannya harus tahu betul riwayat ini, dan juga konsekuensi2 mendukung dia agar terhindar dari stres berat, memperhatikan lebih, dan membantu dlm mengelola stres-nya. Tidak ada jaminan bhw yg sdh sembuh akan sembuh selamanya...
Psikoterapi bisa membantunya memahami dirinya dan memperbaiki manajemen stres-nya, deteksi dini jg bisa diajarkan pada dia dan pasangan utk mengenali tanda2 kembalinya gejala. Deteksi dininya juga bisa sebenarnya, misal calon kita mudah berubah mood tanpa sebab/tanpa bisa mengendalikan, ekspresi emosi yg berlebihan atau ada unsur impulsif ke arah agresi

13. Anon -
A.Jika laki laki yg sebelum menikah ini punya riwayat penyakit kelamin, walaupun sudah diobati apakah mungkin masih menulari pasangan setelah menikah ?

Kalau sdh dinyatakan bersih in Sya Allah tidak akan menulari

B. kasus anak lahir tuna rungu karena ibu terinfeksi rubella terjadi pada anak ke 3. Akibatnya ke 2 kakaknya sering merasa malu untuk membawa adiknya bermain dan akhirnya si adik kemampuan sosialisasinya berkurang. Kedua kakak usia sekolah atas dan sekolah menengah. Adakah saran supaya si adik ini tidak terganggu perkembangan sosialnya ?

Jika anak diketahui sedini mungkin mengalami gangguan pendengaran sebaiknya segera diterapi, sehingga proses adaptasinya lebih mudah. Sejak dini diberi pengertian kepada saudara2nya untuk mensupport adiknya. Jika ternyata saudara2nya kurang memberikan dukungan, maka penting peran orang tua untuk selalu memberi support. Untuk menunjang perkembangan sosial, orang tua berperan aktif untuk mendukung anak berhubungan dgn teman2 sebayanya (misal disekolah, dilingkungan tempat tinggal), mengajari anak dgn kemampuan2 sosial misalkan mengajari bagaimana bersikap terhadap orang yang lebih tua,  bersikap kepada teman sebaya, bagaimana menyapa, dll. m
Memerlukan pengertian keluarga utk mensupport adik tsb. Bisa diajak diskusi dgn ortu kakak2nya, bhw meski terlahir tuna rungu dia punya hak yg sama utk hidup dan berkarya bahkan bnyak yg bisa berprestasi. Deaf ada alat bantu dan terapi wicaranya.... Keluarga bisa mendapat support group pada keluarga anak berkebutuhan khusus atau psikoterapi keluarga.

14. Anon - Sebenarnya adakah ciri2 orang yg terinfeksi HPV?
Apakah bisa langsung imunisasi HPV? Kita yang belum menikah kan belum tau apakah kita terinfeksi HPV atau tidak, takutnya sejak awal sudah terinfeksi HPV tapi tidak menyadarinya..

Perempuan seringkali tidak ada gejala. Kecuali jika penyakit sudah masuk tahap lanjut. Misalkan ada nyeri saat berhubungan, ada perdarahan, keluar keputihan yang tidak biasa.
Untuk laki2 yg paling gampang adanya kutil didaerah kemaluan, atau sering dibilang jengger ayam.

15. Anon - Bgmna caranya utk mengetahui apakah seorg calon suami punya potensi utk melakukan KDRT setelah menikah?

Potensi KDRT bisa muncul jika sse punya riwayat kekerasan di keluarganya baik sebagai korban, saksi, atau malah pelaku. Ekspresi emosi yg meledak2 atau malah hilang sama sekali (tampak gak bisa marah atau menyampaikan ide) sering terkait dgn perilaku agresi dikemudian hari. Perilakunya yg berubah kasar baik verbal atau non verbal ketika ada masalah menimpa atau tertekan, bisa jd deteksi dini. Riwayat keluarga dan budaya terkait agresi jg bisa jd poin perhatian.

16. Anon - Sy pnya tmn laki" yg punya gejala neurosis, kadang suka kambuh.. Apakah ini berbahaya? Bgmna cara menanggulanginya?

Neurosis biasanya terkait pada gejala cemas berlebih. Bahaya jika sudah sampai ganggu aktifitas kesehariannya. Takut keluar Rumah, takut bergaul dll, atau diiringi dengan gejala putus asa atau keinginan bunuh diri . menanganinya ya harus dengan mengubah mindset kita sendiri bahwa kondisi yang kita cemaskan belum tentu seburuk itu hasilnya. Jadi ajak dialog diri sendiri ketika rasa cemas itu muncul dengan meng-counter dengan fakta-fakta/pengalaman yang berlawanan dengan hal-hal yang dicemaskan.


Bersambung ke Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Pra Nikah # 4

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya