topbella

Selasa, 23 Januari 2018

5 Manfaat Minum Teh Jahe di Musim Hujan


Musim hujan selalu identik dengan hawa dingin dan lembab. Beberapa orang yang daya tahan tubuhnya tidak kuat bahkan mudah terserang penyakit. Ternyata ada cara mudah menjaga kesehatan di musim hujan, lho. Minum teh jahe adalah salah satunya. Mau tahu apa saja manfaat minum teh jahe di musim hujan? Simak terus ya..
Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang umum dikenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasanya pedas disebabkan adanya senyawa keton bernama zingeron.
Manfaat jahe telah dikenal luas sejak jaman dulu untuk mengobati beragam penyakit. Berikut adalah manfaat minum teh jahe di musim hujan :
1. Melancarkan peredaran darah
Minum teh jahe berkhasiat untuk membantu melancarkan peredaran darah, dengan kondisi lancarnya peredaran darah di dalamnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Kandungan zat di dalam jahe  bisa memperlebar pembuluh darah di dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menjadikan tubuh tetap hangat, menjaga kestabilan tekanan darah dan aliran darah menjadi lebih lancar.
2. Menghangatkan tubuh
Ketika berada di tempat yang berhawa dingin seperti pegunungan atau tempat lainnya, minuman teh jahe ini akan sangat berguna. Jahe yang disajikan dalam bentuk minuman yang hangat, sangat bermanfaat untuk mengatasi hawa dingin yang menusuk kulit. Anda akan menjadi jauh lebih nyaman setelah meminumnya.
3. Mengobati Flu dan Sakit Kepala
Kandungan di dalam air jahe berkhasiat dalam mengobati flu yang disertai dengan munculnya rasa sakit kepala.


Selain pengobatan dengan mengonsumsi teh jahe, Anda juga bisa membuat ramuan luarnya, pertama-tama tumbuk jahe hingga halus, lalu jadikan seperti pasta, lalu tambahkan minyak zaitun.
Setelah itu balurkan ramuan jahe tadi ke bagian hidung, kening kepala, dada, dan leher. Selain itu, ramuan ini juga dapat dibalurkan pada bagian tubuh yang mengalami sakit atau nyeri.
4. Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin seringkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh. Badan terasa pegal, perut kembung dan mual akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi minuman jahe akan membuat tubuh menjadi hangat dan angin yang menumpuk di dalam tubuh secara berlebihan akan bisa dikeluarkan secara maksimal.
5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Jahe kaya akan kandungan vitamin C, magnesium dan zat-zat antioksidan yang penting lainnya. Manfaatnya sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jahe akan melancarkan metabolisme tubuh dan memperbaiki imunitas.
Nah, itulah tadi beberapa manfaat minum teh jahe di musim hujan. Mudah kok cara membuatnya. Pertama-tama bakar jahe yang telah dicuci untuk mengeluarkan aroma khasnya, lalu geprek dan seduh bersama tehnya. Minuman teh jahe yang hangat siap disajikan. Anda bisa menambahkan gula batu atau gula Jawa jika menyukai rasa manis. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

 
Evergreen Diary© DiseƱado por: Compartidisimo